beritaheadline news

Pembelajaran Daring di Masa Pandemi di SMAN 1 Magetan

Intensive Online School

Dengan kondisi pandemi yang masih terjadi seperti sekarang ini memaksa semua sekolah untuk mempersiapkan  pembelajaran daring yang cocok diterapkan di lingkungan sekolahnya.  Selain itu juga mempersiapkan sumber daya manusia sehingga nanti pada saat pembelajaran daring di tahun pelajaran baru 2020/2021 sudah lebih siap lagi.  Infrastruktur juga menjadi hal yang perlu di pertimbangkan juga dalam mempersiapkan pembelajaran daring ini.

SMAN 1 Magetan memilih menggunakan fasilitas dari G Suite for Education untuk melakukan pembelajaran daring di tahun pelajaran 2020/2021 ini.  Di G Suite for Education sendiri sudah dibilang lengkap untuk keperluan pembelajaran secara daring, semua produk dari google bisa saling berkolaborasi.  Mulai dari membuat bahan ajar di google sites, membuat presensi dan soal di google form, video pembelajaran di youtube, google spreadsheet dll. Semua terpusat disatu sites dengan nama IOS (Intensive Online School) sehingga siswa mudah untuk membuka dan mempelajarinya, serta mudah untuk monitoring.

Pembejalaran daring di IOS di kuatkan lagi dengan melakukan video conference menggunakan google meet. Sehingga guru dan siswa masih bisa bertatap muka, guru bisa menanyakan kabar, memberikan motivasi ke siswa, sehingga tidak menghilangkan hubungan emosional antara guru dan siswa, meskipun tetap terasa berbeda jika dibandingkan dengan bertemu secara langsung. Untuk video conference tidak dilakukan sesering mungkin dan tidak lama, mengingat siswa juga harus hemat dalam menggunakan kuota internet mereka.

Siswa harus segera beradaptasi dengan pembelajaran seperti sekarang ini, sehingga meskipun ditengah kondisi seperti sekarang, siswa tetap bisa belajar.

Red Jacket School
Think Big, Start Small, Act Now

Tinggalkan Balasan