beritaheadline newsprestasi

Global Youth Summit 2015, Smasa Magetan Kirimkan Delegasi Ke Vietnam

SMA Negeri 1 Magetan kembali mengirimkan delegasinya dalam event tahunan Global Youth Summit under the Hemispheres Foundation. Acara kali ini diadakan di Ramana Hotel, Saigon, Việt Nam pada tanggal 12 sampai dengan 16 Agustus 2015. Acara ini dibuka dengan sambutan oleh Dr. Nguyễn Phước Dân,Vietnam National University dan Ibu Asri Widjiastuti, dosen dari Universitas Negeri Surabaya. Tidak hanya itu, pembukaan GYS kali ini juga dimeriahkan dengan penampilan GYS Theme Song oleh Tere Idol Junior Indonesia dan penampilan grub kolintang dari UPN Veteran Jatim dan angklung dari SMA NU Gresik.

Event kali ini mengangkat tema “‘Waste Not’ Water Conservation”. Karena pada event yang sama sebelumnya, SMA Negeri 1 berhasil masuk ke Top 6 Finalist, siswa SMA Negeri 1 kembali mendapatkan undangan untuk mengikuti ajang kompetisi inovatif dibidang lingkungan ini.Bertemu dengan delegasi dari berbagai negara se-Asia Pasifik antaranya Việt Nam, Singapore, Malaysia, Brunai, Filipina, Myanmar, Laos, Kamboja, China, Hong Kong, dan Oman menambah wawasan siswa SMA Negeri 1 tentang masalah-masalah lingkungan yang dihadapi disetiap negara dan tentunya menambah jaringan pertemanan diantara mereka.

TIM SMAN 1 MAGETAN DI GYS 2015, HO CHI MINH, VIETNAM
TIM SMAN 1 MAGETAN DI GYS 2015, HO CHI MINH, VIETNAM.JPG

SMA Negeri 1 Magetan, pada event kali ini hanya mengirimkan 1 karya ilmiah dibidang pengolahan air buangan yang berjudul ‘Water Treatment ; Holy Water Disposal’. Yang dipresentasikan oleh Satria Mahardhika (XI Mat-IA 1), Ajkwanaafi Ari Al Fattah (XI Mat-IA 3), dan Ramadya Vega Prahasiwi (XI Mat-IA 8). Dengan guru pembimbing Bapak Drs. Eko Adri Wahyodiono, Dipl. TEFL.

Setelah mendapat restu dan ijin dari kepala sekolah, Bapak Drs. H. Agus Harianto, M.MPd, mereka segera menyiapkan dokumen-dokumen perjalanan yang diperlukan untuk perjalanan ke Việt Nam. Tidak lupa, mereka juga menyempurnakan makalah yang berbentuk hardcopy maupun softcopy, power point untuk presentasi dan perlengkapan pendukung lainnya, selama 3 bulan.

Delegasi GYS 2015 diterima kepala SMN 1 Magetan, Bapak, Drs. H. Agus Harianto,M.MPd

Mereka berangkat menuju Việt Nam melalui Bandara Juanda International T2. Mereka harus transit di Singapura, dan melanjutkan penerbangan ke Sai Gon atau Ho Chi Minh City, Việt Nam.

Selain mempresentasikan proyek yang mereka buat, mereka juga mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh Hemispheres Foundation. Seperti mengunjungi tempat pengolahan limbah air sungai (Bin Hung Wastewater Treatment Plant), Lahan basah dan hutan mangrove, sampai mendiskusikan Go Green bersama siswa-siswi Le Hong Phong Gifted School serta persiapan presentasi di babak penyisihan.

Presentasi Paper Inovasi Lingkungan Sekolah di Ho Chi Minh, GYS 2015, Viet nam.JPG
Presentasi Paper Inovasi Lingkungan Sekolah di Ho Chi Minh, GYS 2015, Viet nam.JPG

Pada kesempatan kali ini, SMA Negeri 1 Magetan gagal masuk ke Top 6 Finalis dan merebut medali. Tetapi itu semua terobati karena juara 1 dan 2 berhasil diraih oleh delegasi asal Indonesia yang lain. Yaitu Juara 1 diraih oleh SMA Negeri 2 Surabaya dan Juara 2 diraih oleh SMA Negeri 2 Jombang. Mungkin SMA Negeri 1 Magetan akan meraih Medali Emas di event selanjutnya yang akan diselenggarakan di Indonesia, tepatnya di Surabaya, Jawa Timur, karena tahun 2016, Indonesia akan menjadi tuan rumah pada bulan januari 2016 di Surabaya dan Agustus 2016 di Ibukota, Jakarta.

SMAN 1 MAGETAN
the authorSMAN 1 MAGETAN
We Are The Leader Not Follower

Tinggalkan Balasan