headline newsinfo

Program 38th Future Farmer of Thailand in Uthai Thani 2017

38th FFT (Future Farmer Thailand) adalah suatu acara tahunan yang diadakan oleh Komisi Pendidikan Kejuruan Thailand dengan Menteri Pendidikan Thailand. Ini merupakan program yang berkaitan dengan teknologi dan pengetahuan pertanian dimana Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn turut serta dalam pelaksanaannya. Future Farmer of Thailand dalam beberapa kali kesempatan telah mengundang beberapa negara di Asia, khususnya Asia Tenggara, seperti Indonesia, Kamboja, Vietnam, Filipina, Laos, China, Jepang, dan Korea Selatan. Dan untuk perayaan ke-38 ini salah satu perwakilan dari Indonesia yang diundang untuk menghadiri acara adalah SMAN 1 Magetan, sekaligus menjadi perwakilan dari Kabupaten Magetan dalam mengikuti event internasional tersebut.

Undangan 38th FFT disampaikan secara email dari SEAMEO kepada SMAN 1 Magetan sebagai salah satu hadiah dari kemenangan tim debat sekolah yang dapat menyabet juara satu “24 hours English Online Debate Competition for Indonesian Senior and Vocational High Schools” . Hadiah berwujud undangan ini dimaksudkan untuk menambah pengetahuan dan keterampilan berbahasa Inggris para anggota tim debat dari SMAN 1 Magetan dengan berinteraksi langsung dengan native speakernya sekaligus melatih kemampuan berbaur dengan orang asing.

Tim debat SMAN 1 Magetan yang merupakan peserta “24 hours English Online Debate Competition for Indonesian Senior and Vocational High Schools” terdiri atas 3 orang, yaitu Fikri Arifan Tjahja, Nadiyya Nurul Nuha, dan Valentina Saraswati. Ketiga siswa-siswi tersebut sama-sama berada di jenjang kelas 12 tahun ajaran 2016/2017. Dengan bapak Eko Adri Wahyudiono sebagai pembina resmi dari tim debat Bahasa Inggris SMAN 1 Magetan, ketiga siswa menjalani serangkaian proses lomba debat yang diadakan secara online melalui video conference WEBEX yang diadakan tiap minggu pada hari Rabu jam 1 siang. Lomba debat berkelanjutan ini dimulai dari tanggal 18 Agustus 2016 hingga 9 November 2016, yang kira-kira memakan waktu 4 bulan.

Pada acara 38th FFT yang tahun ini bertempat di Universitas Teknologi Pertanian Uthai Thani, SMAN 1 Magetan diundang sebagai special guest sekaligus sebagai fasilitator dan representatif dari SEAMOLEC untuk membiasakan budaya latihan debat kepada special guest dari sekolah maupun negara lain. Kegiatan dari 38th FFT sendiri adalah seminar, pidato dan exhibition seputar teknologi pertanian dari  beberapa universitas pertanian di Thailand juga dari sekolah yang diundang pada acara tersebut.

Berikut adalah rincian acara dari program 38th Future Farmer of Thailand in Uthai Thani :

  1. Pemberangkatan dari Solo menuju Jakarta hingga tiba di Bangkok pada hari Minggu, 29 Januari 2017.
  2. Sambutan dari Menteri Pendidikan Thailand di Kantor Komisi Pendidikan Kejuruan (OVEC) pada hari Senin, 30 Januari 2017.
  3. Kunjungan belajar di Universitas Singburi pada hari Senin, 30 Januari 2017.
  4. Presentasi tentang ‘inovasi teknologi di bidang pertanian’ dan pengenalan mengenai Debat Bahasa Inggris di Universitas Singburi pada hari Selasa, 31 Januari 2017.
  5. Mengunjungi Proyek Kerajaan Thailand pada hari Selasa, 31 Januari 2017.
  6. Tur siswa di sekitar Universitas Singburi pada Rabu, 1 Februari 2017.
  7. Menghadiri pidato pembukaan 38th Future Farmer of Thailand di Universitas Uthai Thani dan mengunjungi pameran teknologi pada hari Kamis, 2 Februari 2017.
  8. Menyambut Putri Thailand Maha Chakri Sirindhorn di Aula Pertemuan Universitas Uthai Thani pada hari Jumat, 3 Februari 2017.
  9. Thank You Party sebagai ucapan perpisahan pada Jumat, 3 Februari 2017.
  10. Menghadiri seminar Proyek Inovatif Siswa tentang Teknologi Pertanian pada hari Sabtu, 4 Februari 2017.
  11. Kembali ke Indonesia pada hari Minggu, 5 Februari 2017.
  12. Sampai di Kabupaten Magetan pada hari Senin, 6 Februari 2017.
ministerndru
the authorministerndru
Think Big, Start Small, Act Now

Tinggalkan Balasan