beritaheadline newsprestasi

SMAN 1 Magetan Took A Part in International Event : Action For Earth-Global Youth Summit-(GYS), Hanoi, Vietnam 2015

Program Global Youth Summit 2015 under the HEMISPHERES FOUNDATION  merupakan acara program tahunan yang bekerja sama dengan organisasi dan institusi dari Negara-negara Asean, dimana event ni akan diselenggarakan bergatian di setiap Negara ASEAN setiap tahunnya. Untuk tahun ini, acara diadakan di International Convention Center, La Thanh, Hanoi Vietnam pada tanggal 13 sampai dengan 18 januari 2015 yang dibuka oleh Menteri Lingkungan Hidup Vietnam dan mengambil tema tahun adalah “ Energy Efficiency & Waste Management”.

Dalam acara tersebut, kurang lebih diharapkan ada 13 negara mengambil bagian yaitu, Australia, Brunei, Kamboja, China, Laos, Malaysia, Myanmar, Filipina, Singapura, Thailand, Indonesia, Vietnam dan Oman.

Seiring dengan gerakan program Adiwiyata di lingkungan SMA Negeri 1 Magetan, siswa siswi SMA 1 Magetan berkesempatan untuk mendapatkan undangan dan menghadiri event kompetisi inovatif di bidang lingkungan yang diadakan di Hanoi pada musim dingin tahun ini.

Delegasi SMAN 1 Magetan

SMA Negeri 1 Magetan, mengirimkan 2 delegasi untuk dua karya ilmiah di bidang  pengolahan limbah. Group 1 yang terdiri dari 6 siswa kelas X Mat & IA. Mereka adalah Ajkwanaafi Ari Al Fattah (IA7), Puspa Ayu Widhi Pangestu (IA7), Arfida Anisa Riski Pranibilan (IA1), Nabila Safhira Titan Kencana (IA6), Muhammad Ilham Maksum (IA7) dan Satria Mahardhika (IA4). Mereka menampilkan karyanya yang berjudul “PERCA CLOTHES ; WASTE MANAGEMENT”,. Dengan guru pembimbing Ibu Hidawatinur, S.Pd, .  Sedangkan Group 2 yang terdiri dari  5 siswa ke XI IA dan IS. Mereka adalah Hasna Widyas Paramaatika (XI.IIS1),  Ghozi Alwandria (XI A2), Novam Tri Wikarno Putra (XIA4), Aditia Aji Suseno (XI.A3) dan Muchammad Fachrul Ashari (XI.IIS2). Group 2 ini menyampaikan karya ilmiahnya dengan judul “ CRACKER FROM UNUSED SECOND LAYER LEATHER”.,dengan guru pembimbing ibu Dra. Sri Rusmiati, M.Pd.

Presentasi Delegasi SMAN 1 Magetan

Setelah mendapatkan ijin dan restu dari Kepala SMA Negeri 1 Magetan, Ibu Dra. Hj. MAHMUDAH, M.Pd, , mereka semua segera menyiapkan makalah, dalam bentuk softcopy, hardcopy, maupun materi untuk presentasi dan hasil penelitiannya untuk dibawa dan dikirim ke Hanoi Vietnam, termasuk juga dokumen keimigrasian mereka berupa Paspor dan visa serta pembekalan Bahasa Inggris oleh Bapak Joni Siswo Irwanto, M.Pd sebelum jadwal keberangkatan mereka.

Presentasi Delegasi SMAN 1 Magetan

 

Presentasi Delegasi SMAN 1 Magetan

Dengan didampingi oleh Pembina mereka, Bapak Drs. Eko Adri W.,Dipl.TEFL, mereka berangkat dari Juanda, International airport di terminal 2, dan harus transit di Singapura, setelah itu melanjutkan perjalanan ke Hanoi, Vietnam. Agenda kegiatan termasuk kunjungan ke sekolah sekolah, serta ke pembangkit tenaga listrik juga  study tour di Hanoi dan sekitarnya sampai acara diskusi umum dan persiapan presentasi di babak awal yaitu penyisihan. SMA Negeri 1 Magetan pada kesempatan tahun ini tidak menargetkan medali apapun, karena sebagai keikutsertaan awal di forum Internasional, namun Murid SMA Negeri 1 Magetan secara mengejutkan dua group, yaitu group 1 dan group 2 dinyatakan lolos untuk menuju ke Babak Final untuk tingkat Senior bersama 4 Finalis negara lainnya. Sampai pada tahapan ini, kesempatan emas belum kita peroleh untuk mendapatkan juara 1, 2 dan 3, dan mereka masih berpeluang dan diundang untuk merebut Throphy kejuaraan di Ho Chi Minh, Vietnam pada bulan Agustus tahun 2015 pada event yang sama. Namun kekecewaan mereka terobati dengan kemenangan pada Juara 3 tingkat Junior oleh MAN Mojosari, yang merupakan satu delegasi dan Tim dari Jawa Timur, Indonesia yang mana Indonesia akan menjadi tuan rumah Global Youth Summit pada tahun 2016.

Andik Rasida
the authorAndik Rasida

Tinggalkan Balasan